Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

WATTPAD FAVORITE : DADDY ISSUES



WATTPAD- tentu banyak dari kata yang sering mendengat istilah ini entah sebagai penulis, pembaca maupun hanya lewat percakapan sehari hari bersama teman. For your information, Wattpad adalah sebuah layanan berbentuk web dan aplikasi di smartphone yang memungkinkan penggunanya suntuk membaca ataupun menjadi penulis yang mengirimkan karya beupa novel, cerpen, puisi dan sejenisnya. Wattpad diluncurkan ke public pada tahun 2006 dan sebanyak 80 juta telah mendaftar untuk menjadi penggunanya. Wow Fantastic baby dance!
Nah, ngomong-ngomong soal wattpad, ada hal yang menarik saat saya pertama kali berusaha login ke wattpad. Dalam laman beranda, saya menemukan banyak sekali kisah-kisah berbau percintaan, tentu karena memang tema favorit sebagian besar orang. Namun hal yang lebih membuat saya tercengang adalah banyak tema berbau agegap (percintaan antara dua orang berbeda jenis dengan jarak umur yang cukup jauh). Saya baru pertama kali mengenal istilah ini. Berusaha mengabaikan hal-hal tersebut, saya mengetikka di kolom pencarian “daddy/ayah, father” karena terinspirasi dengan film Miracle in Cell No. 7 dari Negara Korea Selatan yang sungguh membuat saya menghabiskan banyak tisu saat menontonnya.  Hasil yang saya dapatkan setelah mengetikkan kata “daddy” membuat saya mematung untuk beberapa saat, karena banyak sekali cerita bertema daddy. Anehnya ketika melihat judul-judul yang tertera pada entri pencarian, banyak judul yang menggunakan kata berbau percintaan seksual. Terlalu banyakhasil yang ditampilkan mengenai cerita bertema daddy hingga saya menyimpulkan ini adalah Wattpad favourite Dan ada sebuah judul yang tidak familiar dengan saya, yakni “Daddy issues”. Karena rasa penasaran (hal-hal baru yang saya tidak ketahui membuat saya sulit tidur, J), akhirnya saya mencari di google  dengan kata kunci “daddy issues” dan hasilnya…
Here we go to discuss about “Daddy issues
    Daddy issues- berkaitan dengan  masalah psikologi yang dilatarbelakangi masalah hubungan tidak sehat antara ayah dengan anak karena factor ketidakhadiran sosok ayah semasa kanak-kanak selama bertahun-tahun, perilaku sang ayah yang bersikap kasar (secara emosional/ fisik) terhadap sang anak atau  bisa juga terjadi karena sang anak terlalu dimanja oleh sang ayah. Intinya, daddy issues adalah efek dari masa sulit dari kanan-kanak hingga remaja. Daddy issues tidak hanya terjadi pada wanita namun juga pada pria namun beda dalam kebutuhan kehadiran sosok ayah. 
lyrics, songs, the neighbourhood and tumblr - image #6558856 on ...
Dalam bidang psikologi kepribadian, psikoloanalisis terkenal, Sigmund Freud menyatakan dalam term Father Complex, sebuah frasa untuk menggambarkan seseornag yang tidak sadar  membuat perilaku karena hubungan yang bermasalah  dengan ayahnya. Freud yakin bahwa masalah ini hanya berdampak pada pria saja. Tetapi sebaliknya, psikoanalisis lain, seperti Carl Jung menyatakan father complex memberikan imoact baik laki-laki maupun perempuan.
Salah satu ciri sesorang mengalami Daddy issues (biasanya perempuan) adalah memiliki sebuah hubungan dengan lawan jenis namun salah satu pasangan memiliki jarak umur yang cukup jauh bahkan dapat dikatakan umur pasangan hampir menyaingi umur ayahnya sendiri. Sebenarnya, daddy issues merupakan fenomena yang wajar-wajar saja. Mayoritas perempuan yang mengalami daddy issues akan mencari sosok figure ayah yang tidak ia dapatkan semasa kecil ataupun sang anak terlau dimanja oleh sang ayah sehingga mencari sosok laki-laki yang dapat memberikan kenyamanan itu lagi.
Pandangan Daddy issues dari konseling keluarga
Seorang ahli psikologi, Barbara Greenberg, Ph.D menyatakan daddy issues bisa terjadi dilihat dari bagaimana seorang ayah memperlakukan istrinya dan ini adalah kunci. Apabila seorang ayah memperlakukan sang ibu dengan buruk, tidak hanya berdampak pada sang anak dalam memilih dan menoleransi masalah perilaku buruk pasangan hidup tetapi juga berdampak dalam self-esteem sang anak. Ini mungkin terjadi  karena sang ibu berusaha menoleransi perilaku negative sang ayah, dan anak melihat sang ibu sebagai role-model dan yakin bahwa hal ini (perlakuan ayah) dapat ditoleransi. Laki-laki juga dapat mengalami daddy issues. Apabila ayah memperlakukan ibunya dengan sangat buruk, laki-laki akan berpikir “ah, ini adalah bagaimana rasanya menjadi pria, dengan memperlakukan wanita dengan buruk”. So, ini mempengaruhi bagaimana laki-laki ini nantinya memperlakukan anak-anaknya.
Pada awalnya, kita akan merasa janggal apabila menemukan seorang perempuan memiliki hubungan romansa dengan pria yang cukup berumur. Hal ini dikarenakan di Indonesia jarang membicarakan peristiwa seperti ini, tabu kalau orang bilang. Pernikahan beda umur yang sering terjadi di masyarakat paling hanya berjarak maksimal 10 tahun. Baru-baru ini marak pernikahan beda umur yang sangat jauh di Indonesia, bahkan ada seorang gadis berumur 17-18 tahun menikah dengan seorang pria berumur 65-70 tahun yang seharusnya menjadi kakek dari si gadis. Dari fenomena ini, saya yakin sebenarnya ada banyak kasus hubungan/ pernikahan agegap yang terjadi di masyarakat, hanya saja istilah istilah seperti agegap, daddy issues serta father complex belum dikenal di ranah public, sehingga hubungan semacam ini merasa dipinggirkan secara tidak langsung.
At least, setelah kita mengetahui definisi sesungguhnya dari daddy issues, sebenarnya, semua manusia pernah mengalaminya seperti keadaan kita memiliki kedekatan terhadap seseorang yang dirasa memberikan kenyamanan, I did haha. Hanya saja bagaimana kita menyikapi daddy issues inilah yang menjadikan setiap orang berbeda.
Seperti biasa, pasti ada hal yang dapat kita pelajari setelah mengetahui dan memahami sesuatu. Beberapa diantaranya:
  • Ojo gumunan! (jangan terlalu heran) kalau ada beberapa hal yang tidak kita ketahui dan ternyata aneh buat kita, lebih baik cepat untuk memahami dan menghargai daripada cepat untuk menghakimi. Terlebih sesorang yang mengalami adalah orang terdekat kita.
  • Everyone has their own story. Sepakat bahwa semua orang memiliki ceritanya sendir, sehingga sebelum kita menertawakan, menghakimi seseorang lebih kita mengetahui kenapa dan bagaimana hal itu bisa terjadi padanya, setelah itu apabila kita berkapasitas membantunya, maka  bantulah dia, jika tidak ya menghargai pilihan yang kita buat.

·         Nggak usah mempermasalahkan hal yang sudah terjadi, mending cari solusi bagaimana mengatasinya. Mudah kan?

Sebenarnya masih banyak yang dapat dibicarakan mengenai daddy issues, tetapi saya akan menuliskannya di lain kesempatan. Best regards, see you!


oh ya, ada sebuah lagu bagus yang dapat menggambarkan kasus daddy issues ini. lagu ini berasal dari The Neighbourhood berjudul Daddy Issues. Happy  Enjoy!



referensi yang saya pakai:

Posting Komentar untuk "WATTPAD FAVORITE : DADDY ISSUES"