Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Muka Jutek Amat! : Resting Bitch Face Story




    Sebel, pernah. Marah, pernah. Trus ekspresi wajah yang ditampilin kayak gimana? Ya datar lah. Terus pertanyaannya, ada nggak orang yang mukanya gitu mulu walau emosinya beda beda? Mau marah kek, sedih kek, seneng kek. Ya mukanya kayak orang jutek terus tiap hark bawaannya. Ada
Jangan-jangan itu kamu?
Kok tau?
So, mari kita bahas kejulidan kita terhadap wajah orang lain. Asik nih pasti.
Pernah nggak sih nemuin orang yang klo marah, sedih, seneng, ngambek, mukanya datar datar aja,  kagak ada ekspresinya sama sekali. Pernah dan sering dan bahkan itu aku.
Ya mungkin jawabannya beda beda lah ya.
Nah ternyata, ada hal yang menarik nih dari wajah orang yang ciri cirinya kayak diatas. Muka jutek ataupun yang kelihatan nggak santuy ternyata ada namanya lho, yaps thats Resting Bitch Face!

Resting Bitch Face

Kenalin, ini Resting Bitch Face (RBF).  Dia menggambarkan orang yang ekspresi wajahnya tanpa disengaja seperti menunjukkan emosi marah, terganggu, atau kesal padahal lagi merasa rileks atau tidak mengalami ekspresi yang khusus.

Resting Bitch Face's Problem

Komentar orang yang sering diucapkan kepada orang yang punya RBF kayak gini nih:
  Ada apa? Kamu baik baik aja kan?
 
  Hei, kamu marah ya?
 
  Kau tau? Sebelum kenal dirimu, kirain kamu orangnnya nggak sopan, jutek, judes lho.
 
  Aku tebak kamu tipe cewek kalo marah ngalahin letusa gunung Merapi deh.
 
  Neng, senyum kek!
 
  Biasa aja dong, mukanya! Kagak santuy amat sih jadi orang.
 
Respon RBF be like:  INI MUKA NORMAL GUA, DASAR JULID!

Penelitian Tentang Resting Bitch Face

     
Biar kalian kagak julid lagi sama temen sendiri, atau orang yang mukanya kagak biasa, mending kita cari tau kenapa ada muka yang kayak gitu. Berawal dari banyaknya orang yang mengalami ini, akhirnya ada sebuah studi yang meneliti tentang  Resting Bitch Face ini kawan. Di kutip dari The Washington Post, Jason Rogers dan Abbe Macbeth, peneliti yang menganalisis ekpresi pada wajah manusia berdasarkan delapan emosi dasar manusia. Emosi tersebut berupa emosi senang, marah, takut, terkejut, jijik, sedih, netral bahkan menghina. Jason dan Abbe mengidentifikasi ekspresi dari 10 ribu wajah yang berbeda melalui software yang dikembangkan bernama Noldus's Face Reader.
Tokoh-tokoh terkenal seperti Kanye West, Kristen Stewart dan Ratu Elizabeth menjadi salah satu orang yang menunjukkan wajah Resting Bitch Face ini lho.  Software tersebut mengidentifikasi wajah mereka dan emosi yang ditampilkan khususnya ekspresi menghina naik menjadi dua kali lipat!

    Emang, gimana sih ekspresi menghina itu?  Perasaan biasa aja deh. Eits tunggu dulu kalo mau nyoba hehe
Kata para ahli,
"Satu sisi bibir sedikit ditarik ke belakang, mata sedikit menyipit," Rogers menjelaskan.
"Ada pengencangan di sekitar mata, dan sudut bibir terangkat sedikit -- tetapi tidak tersenyum," tambah Macbeth.
Perangkat lunak (Nodus's Face Reader) ini bisa menghilangkan bias gender antara pria dan wanita dengan memberikan hitungan yang sama tanpa terpengaruh norma-norma sosial di mana biasanya wanita dituntut lebih banyak tersenyum dari pada pria.

Bagaimana Mengatasi dan Mengilangkan Resting Bitch Face?

Punya Resting Bitch Face memang menyebalkan tapi memungkinkan buat mengatasinya. So, ini beberapa tips buat kalian para RBF.

  • Lihat orang yang sedang berbicara dengan kamu.
  • Gunakan make up untuk membuat matamu terlihat sedikit lebih terbuka.
  • Cobalah untuk berlatih senyum natural sesering mungkin.
  • Miliki. Resting Bitch Face bisa diatasi, tergantung pada kamu mau merubahnya atau tidak.


Resting Bitch Face Test

Buat kalian yang tertarik apakah kalian termasuk irang bertipe Resting Bitch Face ini, kalian bisa mencoba di situs Nodus's Face Reader. Kalian bisa ambil test nya lewat situs https://www.testrbf.com
Setelah masuk ke situs tersebut kalian bakal diminta buat upload foto kalian ala ala foto ktp dan paspor gaes. Setelah itu, biarkan software nya bekerja. Kecepatan analisis bisa bergantung pada sinyal, jadi pastiin kalian dapet sinyal yang bagus ya.
Saya sudah coba buat analisis tapi ternyata Tuan Sinyal tidak berpihak padaku, jadi lain kali aja deh, saya upload hasil tipe wajah saya.

Tokoh-Tokoh yang Punya Resting Bitch Face

Banyak ornag yang megalami, RBF in, tak terkecuali orang orang terkenal dibawah ini, meskipun punya Resting Bitch Face tapi mereka berhasil membuktikan prestasinya lho.
  1.  Krystal Jung
  2. Zico
  3. Got7 BamBam
  4. Blackpink Jennie
  5. Kristen Stewart
  6. Kanye West 
  7. Ratu Elizabeth

Keuntungan punya Resting Bitch Face

Sebernarya ada faedah sih semisal punya wajah RBF ini, salah satunya disegani sama orang, kagak ada yang berani catcalling, natep aja nggak berani apalagi macem macem kan ya.
Buat yang punya wajah RBF ini, saranku dan beberapa sumber nih ya:
  • Coba biasakan untuk senyum se natural mungkin, apalagi sama orang yang bersikap ramah dan berpapasan sam kita. Kalau sama orang yang macem macem sih, sikat aja. Senyum juga bikin pahala lho, kan sedekah. Kata Nabi "Senyummu kepada saudaramu termasuk sedekah." Barangkali dapet gede pahalanya kan, ya kali mau cari dosa mulu bikin orang julid 😁
  • Sabar gaes. Sabar ini penting banget buat ngadepin orang orang yang lagi julid ama kalian para pemilik RBF. Mungkin karena nggak tau atau emang dasarnya mau julidin muka orang-orang jutek. 
  • Easy going is always the besat way. Cobalah jadi orang yang biasa aja nanggepin masalah. Mungkin bisa bantu buat ngurangi gaya tegang di wajah.


   The last, stay bahagia kawan! Nggak peduli seberapa jahat orang ke kamu atau nggak seadil apapun dunia kepadamu, still love your ownself. Xoxo

Berikut ada kampanye dari orang orang yang mengalami Restinh Bitch Face. Hope you enjoy it! 





Referensi
https://www.scienceofpeople.com/resting-bitch-face/

https://www.allkpop.com/article/2019/11/10-idols-with-rbf-resting-bitch-face

1 komentar untuk "Muka Jutek Amat! : Resting Bitch Face Story"