Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bersukurlah Diperbudak Temanmu



Lucu memang judulnya, serasa butuh kemarahan para warganet yang budiman dengan tamparan dan makian yang keras. Senada dengan kalian, pertama kali bikin judul ini serasa mikir "emang pantes ya ada judul kayak gini?". Nggak sih, kayaknya cuma saya yang bikin judul provokatif semacam ini. 

Apa maksud dari judul?

Well, agak sulit untuk dibahas, namun saya akan menjelakan hal ini sesuai dengan kemampuan saya. Jadi, semisal ada kesalahpahaman antara kita mohon dimaklumkan.

Ke-lom-pok

    Judul ini berkaitan dengan kehidupan di bangku kuliah khususnya kegiatan yang menyangkut tugas-tugas, ujian, referensi dan lain-lain. Pasti diantara kita menemui hal hal yang cukup tidak menguntungkan ketika membuat tugas dalam sebuah kelompok. Ya, ke-lom-pok. Satu ngerjain yang lain numpang nama, dapet nilai. Ironis memang, tapi itulah kenyataannya. Permasalahan dosen tau atau enggak ya sebodo amat, yang penting nama sudah tercantum dalam rekapan tugas, pikir mahasiswa tak tau malu itu. 

Tipe Mahasiswa saat Kerja Kelompok

      Ada banyak tipe mahasiswa dalam kerja kelompok di muka bumi ini. Dilansir dari kompasiana.com, banyak tipe yang bertebaran. Misalnya tipe "pelit" yang sebenarnya mau ngerjain tugas tapi banyak perhitungan, mana nggak mau rugi lagi. Ada tipe yang "just do it" asal tugas beres, masalah benar atau salah dipikir belakangan. Tipe "wasit" kerjaannya cuma kritik sana sini tapi kagak ikut ngerjain, kan kesel. Tipe berikutnya nih yanh idaman, tipe "gesit" orang yang kalau ada tugas langsung gercep buat kerjain. Apalahi tipe "superfit" yang rela dan betah ngerjain dari pagi sampai pagi lagi ala bang Thoyib, malaikat banget deh tipe satu ini. Nah, kalian tipe yang mana nih? Hehe


Kabar Baik 

       Kabar baik buat kalian yang selama ini selalu merasa terdzholimi oleh kelakuan kejam teman kalian, mulai sekarang bisa bernapas lega. Karena, ada satu hal yang dapat kita syukuri sebagai para pekerja (budak tugas kelompok). Kabar baiknya adalah, keuntungan yang sangat besar karena adanya paksaan untuk mengeksplor diri kita. Entah dalam mencari sendiri referensi, bagaimana membuat makalah/artikel/ presentasi yang bagus untuk dapat kalian publikasikan ke ranah akademis dan sebagainya. Tentunya masih banyak kekurangan saat pertama kali, ngerasain kerja sendiri padahal tugasnya berbentuk kelompok. 

      Kenapa dikatakan baik? Ya karena cari referensi nggak semudah goyang dua jari, hehe. Ada banyak sumber dan situs yang menyediakan, cuma kita harus "memilah" mana yang sesuai dengan tema yang sedang dicari dan dibahas. Apalagi saat menyajikan materi yang sudah disusun sedemikian rupa. Banyak aturan yang harus digunakan, misalnya dalam penggunaan basic rule membuat makalah, esai, jurnal atau dalam hal penyajian materi dalam bentuk power point, yang memang harus point materi bukan sekedar tulisan di word/pdf di konversikan dalam bentuk ppt, namanya power word dong. Banyak nemu mahasiswa yang membuat "power word" ini. Sungguh ingin kukatakan mereka tak bertanggungjawab karena tak dapat menjelaskan materi secara sesederhana mungkin. Kata Rhoma Irama, Sungguh Terlalu. 

      Pengembangan diri dalam hal akademis sangat menunjang kegiatan kita di masa depan, banyak skill yang dapat kita provide ke perusahaan. Ya kan? Diperbudak teman juga bagus dalam hal literasi, karena kita dituntut untuk membaca lebih banyak daripada yang lain. Sungguh literasi membantu banyak hal dalan masalah skill seperti critical thinking, self-growth, writing skill, public speaking dan lain sebagainya. 

  Banyak dari kita yang ngeluh saat bikin tugas entah individual maupun kelompok. Again, banyak hal yang terlihat buruk buat kita tapi ternyata bermanfaat besar kalau kita menyadarinya. Kayak topik yang sedang kita bicarakan. Berat di awal tapi manis di akhir.

    Mulai sekarang, cobalah untuk memahami makna "kerja sendiri" saat ada tugas berkelompok. Mungkin emang kita beneran bisa tau banyak hal daripada yang lain. Enak bener, yakin deh. 
Ada pepatah yang mengatakan "akan ada pelangi setelah hujan"  sama kayak kita capek ngembangin diri, tapi manfaatnya bakal balik ke kita sendiri. 

Selamat berproses kawan!

     Buat kalian yang sering pusing cari referensi buat tugas, nih saya taruh beberapa sumber yang kalian bisa pakai. *Dikutip dari beberap sumber
https://eric.ed.gov
https://doaj.org/
www.scienceopen.com
www.jurnalperempuan.org
www.researchgate.net
https://scholar.google.co.id/
www.sciencedirect.com

Posting Komentar untuk "Bersukurlah Diperbudak Temanmu"